Deteksi Pengecekan PMK Pada Hewan Gencar Dilakukan Polres Lahat


LAHAT, SS -  Kapolres lahat AKBP Eko Sumaryanto.SIK melalui Kabag Ops Kompol Dedy Suhendri S.sos, Kamis (19/05/22) memerintahkan kepada para Kapolsek jajaran Polres Lahat untuk melaksanakan  pengecekan , penyemprotan hewan ternak guna mencegah penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak yang saat ini sedang marak di Pulau Jawa.

Kegiatan dilaksanakan oleh para Kapolsek yang di dampingi oleh Babinkamtibmas dan petugas dinas peternakan kab  lahat dengan cara mendatangi langsung kepada pemilik ternak sapi dan wawancara langsung kepada kepada pemilik, pengecekan hewan ternak dan dilanjutkan penyemprotan disinfektan pada kandang hewan ternak. 

Kegiatan dilaksanakan di beberapa tempat antara lain Polsek Kota Lahat melakukan pengecekan di kandang sapi Desa Ulak Lebar dengan jumlah hewan sebanyak 40 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK.

Polsek Kota Agung melaksanakan pengecekan di kandang sapi Atra Mulyadi Desa Pagaruyum, Kecamatan Kota Agung, dengan jumlah hewan sebanyak 3 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK di wilayah tsb;

Polsek Pseksu melaksanakan pengecekan di kandang kerbau Iwan Desa Tanjung Raya dengan jumlah hewan sebanyak 4 ekor, dari pengecekan belum ditemukannya penyebaran PMK. 

Sementara untuk Polsek Merapi melaksanakan pengecekan di kandang sapi Erdadi dengan jumlah hewan sebanyak 8 ekor, dari pengecekan juga belum ditemukannya penyebaran PMK. 

Kegiatan pengecekan dan penyemprotan disinfektan didalam kandang ternak milik warga sebagai bentuk antisipasi agar terhindar penularan penyakit pada ternak berkaki empat dikarenakan adanya isue penyebaran Penyakit Menular PMK yang menjangkiti Hewan ternak berkaki empat.

Bhabinkamtibmas, didampingi oleh petugas dinas peternakan memberikan himbauan kepada masyarakat yang memelihara hewan ternak kaki empat jenis sapi. Kerbau dan kambing didesa Binaanya serta melakukan pendataan terhadap warga yang memelihara hewan ternak kaki empat jenis sapi, kerbau dan kambing dan memberitahukan ciri ciri atau gejala hewan ternak kaki empat yang terjangkit PMK guna mengantisipasi adanya indikasi penyebaran Penyakit PMK diwilayah hukum Polres Lahat. (Fry) 


No comments

Powered by Blogger.