Kades Lubuk Dedan Bangkitkan Ekonomi Warga di Era Pandemi Melalui BUMDes


LAHAT, SS - Pandemi Covid-19 yang terjadi di indonesia sangat kuat dampaknya terhadap perekonomian masyarakat. Tidak hanya pelaku usaha kecil, bahkan dirasakan juga oleh penguasa skala besar. 

Pemerintah pusat hingga daerah tidak tinggal diam. Berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan agar ekomomi masyarakat tidak terpuruk. Apalagi pendemi Covid-19 tidak ada yang tahu kapan akan berakhir. 

Di kabupaten Lahat, seorang Kepala Desa (Kades) Lubuk Dendan Kecamatan Mulak Sebingkai  Iman Saputra membuat kebijakan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi dengan memaksimalkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) 

" Iman Saputra Kades Lubuk Dendan mengatakan, untuk pemulihan ekonomi dan kesejahteraan dimasa pandemi Covid -19, pihaknya melalui BUMDes menggelontorkan modal dana desa sebesar 200 juta untuk pembangunan BUMDes  kandang ayam", ucap Iman Saputra ke media Sahabatsiber,com saat monev dana desa tahap ke tiga tahun 2021

Lanjut iman Saputra, Dana 200 juta tersebut, imbuhnya digunakan untuk pembelian bibit ayam dan pembuatan kandang, makanan dan vitamin ayam

" Nantinya hasil panen seluruh anggota kelompok dibeli oleh BUMDes untuk kemudian dipasarkan sehingga keuntungannya menjadi pendapatan Asli Desa (PAD) 

" Iman Saputra berharap, dengan upaya tersebut tidak hanya perekonomian masyarakat yang terbangkitkan, tapi juga mendorong terwujudnya Desa Lubuk Dendan sebagai Desa Mandiri. 

"Harapannya, perekonomian warga kembali bangkit dan Desa Lubuk Dendan bisa menjadi desa mandiri sesuai dengan program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo karena Badan usaha milik desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum", ucapnya. (Fry) 

No comments

Powered by Blogger.