Sudah Tahu Dengan Olahraga Bola Sundul ? Olahraga Ini Akan Dikenalkan Dengan Masyarakat Lahat dan Tercatat Pernah Pecahkan Rekor MURI

Foto net

LAHAT, SS - Bola Sundul, ada yang pernah mendengar Olah Raga yang satu ini. Bola Sundul atau Persatuan Bola Sundul Indonesia (PERBOSI) merupakan permainan bola dengan menggunakan kepala, teknik permainan bola yaitu dengan cara disundul. Dan diluar dugaan Bola Sundul ini juga pernah tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI) yang digelar Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam ajang permainan bola sundul dengan jumlah peserta terbanyak se - Indonesia. 

Cara permainan bola sundul tidak menggunakan tangan atau kaki. Jumlah pemain terdiri dari empat orang dalam satu regu dan setiap regu boleh mendaftarkan maksimal tujuh pemain, tiga orang pemain sebagai cadangan. Dua regu bermain saling berhadapan. Bentuk lapangan menyerupai belah ketupat dengan luas 45 meter. Sistem penilaian dengan system reli poin layaknya olah raga volley. Kemenangan regu ditentukan setelah regu mencapai angka 17 poin.

Nah, olahraga Bola Sundul ini tak lama lagi akan dikenalkan dengan masyarakat Kabupaten Lahat. Bola Sundul ini juga berada dibawah naungan induk olahraga (Inorga) Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Lahat, yang sudah terbentuk kepengurusannya. 

Saat ini Bola Sundul telah disosialisasikan ke berbagai daerah di Indonesia dan mulai mendapat tanggapan positif. Tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, Lampung dan Bengkulu telah berminat mengembangkan olah raga ini. 

Pada Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari (FIPOB) V, dimeriahkan oleh Olahraga Bola Sundul yang digelar di kawasan Pantai Anyer kabupaten Serang. Turnamen Bola Sundul ini diikuti oleh 227 atlet dari 32 kontingen yang berasal dari tiga provinsi yakni Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Atlet yang ikut serta merupakan pelajar SMA maupun SMP. 

Ketua KORMI Lahat, Irwansyah, ST melalui Ketua Inorga Bola Sundul Lahat, Lega Herawati menyampaikan, di dalam olahraga Bola Sundul terdapat filosofis dan nasionalisme, serta terkandung unsur religious, unsur pendidikan dan unsur hiburan dan Olahraga Bola Sundul sendiri telah dipatenkan dan sah milik Bangsa Indonesia bahkan telah mendapatkan Rekor dari MURI (Musium Rekor Indonesia) dalam ajang permainan bola sundul Terbanyak se - Indonesia yang dihelat di Kabupaten Tanggerang. 

"Sebagai masyarakat Indoensia yang kaya akan keragaman budaya, kehadiran olahraga Bola Sundul yang merupakan olahraga asli Indonesia . Dalam perkembangan selanjutnya, diharapkan akan mampu diterima oleh semua kalangan masyarakat Indonesia dan memperoleh tempat dihati masyarakat. Dan olahraga Bola Sundul sendiri dapat berkembang layaknya olahraga lain dinegeri ini," terangnya. 

Masih menurut Lega Herawati, Sebagai masyarakat Indonesia yang kaya akan keragaman budaya, diharapkan akan mampu diterima oleh semua kalangan masyarakat Indonesia dan memperoleh tempat dihati masyarakat. (Fry)

No comments

Powered by Blogger.