Header Ads

Tiga Rumah Tak Layak Huni Terancam Ambruk, Oknum Kades Diduga Tak Mau Tandatangi Usulah Rehab

   

LAHAT, SS - Tiga rumah warga di Desa Arumantai, Kecamatan Jarai, Lahat, saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Sudah belasan tahun tiga rumah tak layak huni itu yang ditempati oleh Romlah, Jumlik dan Tarmizi kini terancam ambruk.

Rumah yang dibangun dengan papan beratapkan seng tersebut sudah semakin rapuh, bahkan untuk bisa naik kerumah itu harus mengunakan batang bambu yang diikat.

Ketiga penghuni rumah itu mengharapkan akan adanya program bedah rumah untuk memperbaiki kondisi bangunan agar dapat layak huni.

"Pengen nian rumah aku ini direhab tapi nak katek biayanyo. Aku berharap ado bedah rumah yang biso memperbaiki kondisi tempat tinggal aku," ungkap Tarmizi, Selasa (18/05/21).

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, Usulan untuk bedah rumah itu sendiri sudah diajukan sekelompok warga Desa Arumantai. Sayangnya, entah mengapa Kades Arumantai diduga tidak mau menandatangani usulan bedah rumah tersebut.

" Saat itu bukan rumah milik ketiga warga itu saja yang kita usulkan untuk masuk program bedah rumah, ada rumah dua warga lainnya yang kita usulkan," beber Adi salah seorang warga Desa Arumantai.

Sedangkan Kadis PU PR Lahat, Limbra Naufan, ST, MT dikonfirmasi terkait persoalan itu mengaku siap untuk melakukan program bedah rumah. Namun Limbran menjelaskan, setidaknya ada 20 rumah di satu desa yang mengusulkan program bedah rumah.

"Pemkab Lahat siap melakukan renovasi dan bedah rumah tak layak huni asalkan di satu desa terdapat 20 usulan yang memang layak untuk dibedah rumah," jelas Limran. (Fry)

No comments

Powered by Blogger.