Berburu Perabotan Dapur Hasil Kerajinan Tangan Pengrajin Kota Prabumulih

PRABUMULIH, SS - Prabumulih merupakan kota kecil dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah seperti minyak, gas alam dan batubara. Terletak sekitar 90 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan mobil dari Kota Palembang, Prabumulih adalah kota transit yang dilalui oleh beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagai kota transit, Bumi Seinggok Sepembunyian tentu menawarkan destinasi wisata buatan untuk menarik minat masyarakat mampir dan berkunjung ke Kota Prabumulih. Destinasi wisata itu diantaranya Taman Kota Prabujaya, Pasir Putih Gunung Kemala, Citymall, Taman Wisata Air Pondok Pak Haji, Taman Bermain Carolline, Kolam Renang Cafe The Pool serta Danau Buatan Bujoan.

Selain wisata buatan tersebut, ternyata di Prabumulih terdapat pusat kerajinan dandang dan perabotan dapur lainnya, yang juga menarik untuk dikunjungi. Tempat itu dikenal dengan sebutan daerah sosial.

Wilayah yang terletak di Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan Kota Prabumulih ini adalah sentra pengrajin almuniun atau dikenal warga setempat sebagai kerajinan perabotan dapur.

Hampir semua warga yang tinggal di wilayah ini berprofesi sebagai pengrajin berbagai kerajinan. Tidak hanya dandang  dan wajan, para perajin juga membuat beragam perlengkapan mulai dari alat oven kue, panci, cetakan kue, kuali, loyang, rantang, saringan kelapa dan centong nasi serta peralatan dapur lainnya.

Kerajinan dandang disini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Di tangan para pengrajin yang merupakan warga setempat, almunium di daerah ini mampu menjelma menjadi berbagai barang perabotan rumah tangga yang bernilai ekonomi tinggi.

Kualitasnya yang bagus, membuat produk kerajinan pengolahan aluminium menjadi berbagai macam peralatan rumah tangga ini banyak diminati masyarakat. Bahkan, telah merambah ke berbagai daerah di Sumatera.

Disepanjang jalan disini terlihat beragam perlengkapan dapur digantung di halaman masing-masing rumah pengrajin.

Warga yang datang kesini tak hanya bisa membeli berbagai kerajinan perabotan rumah tangga yang terbuat dari almunium saja, tetapi bisa juga melihat proses pembuatan berbagai barang kerajinan, hingga memesan produk sesuai keinginan kepada pengrajin setempat.

Untuk masalah harga, berbagai barang di sini dipatok dengan harga bervariasi, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung bahan dan model apa yang akan dibeli.

Erma, warga setempat pemilik toko di pinggir jalan yang menjual perabotan dapur hasil pengrajin mengaku, bahwa banyak menerima pesanan dari luar Kota Prabumulih.

“Selain yang datang langsung beli disini, Alhamdulillah kami juga banyak menerima orderan dari luar daerah,” terangnya.

Dikatakannya, untuk harga produk yang dipasarkan bervariasi, tergantung bahan dan ukuran.

“Untuk Loyang dijual dengan harga Rp10 ribu, sedangkan dandang ada yang Rp300 ribu sampai Rp1,5 juta. Semua produk harganya bervariasi tergantung bahan dan model serta ukurannya. Sedangkan untuk omset seharinya bisa Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Pas lagi banyak pesanan, bisa mencapai Rp6 juta,” ujarnya.

Sementara Supardi (63), generasi kedua perajin perlengkapan dapur mengatakan, bahwa kerajinan ini adalah usaha turun temurun dari orang tuanya, saat pertama membuat kerajinan pada tahun 1960. 

Ditemui dirumahnya, Supriadi menceritakan awal mula ia menekuni usaha kerajinan ini. Dengan ramah ia memulai percakapan, bahwa dulu kerajinan yang dikerjakannya ini masih menggunakan bahan dari drum aspal. Tapi karena drum mulai susah dicari, akhirnya tahun 2000-an beralih menggunakan aluminium dan seng.

“Dulu drum aspal sangat susah didapat, malahan harus pesan keluar daerah. Sehingga produksi sedikit terhambat. Semenjak drum susah didapat, kemudian beralih ke bahan almunium dan seng,” jelasnya.

Ditambahkannya, para wisatawan juga sudah mulai banyak yang mampir untuk membeli langsung, ada juga yang memesan dari luar daerah. 

"Alhamdulillah, ada saja pesanan yang datang baik dari Prabumulih maupun dari luar daerah. Warga juga banyak yang mampir untuk beli. Banyak juga yang penasaran sambil tanya-tanya kok bisa sebanyak ini yang jualan," pungkasnya.

Nah jika kamu sedang melintas atau berkunjung ke Kota Prabumulih, sempatkan diri untuk mampir ke sini. Karena di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis kerajinan perabotan dapur berkualitas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jadi alangkah baiknya untuk memasukan Wisata Kerajinan ini sebagai pilihan tujuan wisata saat berada di Kota Prabumulih.(Nr01)

1 comment:

  1. Thanks to Dr OSAGIE for helping me increase the size of my Penis. I have been married for a long time and due to my small Penis I was unable to satisfy my wife and that made us childless and my wife planned to leave me I was really disappointed with myself and I was also having weak erection I thought all my hope was gone not until I saw a testimony on how the same Dr OSAGIE helped someone increase his Penis size. I was desperate to do anything to regain my sex life back and I contacted him and he promise to help me so he gave me a herbal mixture which i was using and after three days I began to experience changes. I am writing this testimony not only because he has helped me increase the size of my Penis, I can now satisfy my wife and my wife is three months pregnant. All thanks to Dr OSAGIE if you are having a weak erection problem or small Penis size contact him with his email:drosagiesolutionhome5 @ gmail. com or whats app him +447451211379

    ReplyDelete

Powered by Blogger.