Transformasi Digital, Pemprov Sumsel Optimalkan Aplikasi SP4N-LAPOR! Hingga ke Desa
PALEMBANG, SS.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel mulai mempercepat transformasi digital di sektor layanan publik melalui aplikasi SP4N-LAPOR! sebagai wadah masyarakat untuk menyampaikan aduan dan aspirasi.
Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Edward Candra menjelaskan peran aplikasi pengaduan tersebut sebagai sarana utama penyampaian aspirasi masyarakat dengan sistem pemerintahan modern.
Menurutnya, SP4N-LAPOR! bukan sekadar aplikasi teknis, melainkan cerminan keterbukaan pemerintah terhadap masukan masyarakat.
“Setiap laporan yang masuk harus ditangani dengan cepat dan serius. Inilah wajah pemerintah yang dilihat publik, dan kita tidak boleh mengecewakan,” ujar Edward, Rabu (10/9/2025)
Dari laporan yang dihimpun, tercatat 49 pengaduan masyarakat telah diterima melalui platform ini. 38 di antaranya telah terselesaikan dan sisanya masih dalam proses tindak lanjut.
Ia menambahkan, transformasi digital bukan lagi sekadar pilihan, melainkan kebutuhan mendesak untuk menghadirkan pelayanan yang cepat, transparan, dan akuntabel di seluruh wilayah, termasuk hingga ke pelosok desa.
“Tentu kerja lintas sektor antar-organisasi perangkat daerah (OPD) sangat penting, agar kecepatan respons dapat terus ditingkatkan,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel, Rika Efianti menjelaskan jika pihaknya telah menyusun roadmap penguatan SP4N-LAPOR! untuk periode lima tahun ke depan (2025–2029).
Fokus pengembangan meliputi peningkatan infrastruktur digital, penguatan kapasitas SDM, serta sistem monitoring yang lebih terintegrasi.
“Diskominfo bertanggung jawab memastikan sistem ini berjalan optimal di semua OPD. Kami juga akan terus menyesuaikan strategi dengan dinamika kebutuhan masyarakat,” jelas dia.

Post a Comment