Pj. Bupati Muara Enim Hadiri Kegiatan Melemang di Desa Muara Lawai


MUARA ENIM, SS
- Setiap setahun sekali menyambut Perayaan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, pihak desa Muara Lawai di Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, melakukan kegiatan Melemang yang sudah dari zaman nenek moyang Desa Muara Lawai.


Namun untuk di Tahun ini Pj. Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP MSi hadir Perdana melaksanakan malam 'melemang, didampingi Isteri, Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari, S.STP MSi, silaturahmi bersama warga masyarakat Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim . serta pesta adat melemang. Pj. Bupati mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan malam melemang ini, dirinya mengharapkan agar tradisi adat seperti ini terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda. Rabu (10/08).



Pj. Bupati yang turut hadir bersama Anggota DPRD Kab. Muara Enim, Hj. Inayah Yakub S.Pd.I., M.Si., serta kepada OPD dan Humas PT. Bukit Asam menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat dari warga Desa Muara Lawai, dirinya berharap agar kiranya kunjungan silaturahmi ini dapat mempererat tali persaudaraan kita sesama umat beragama.


"Selain itu, Tahun Baru Islam memiliki makna tersendiri dimana kita mengenang perjuangan hijrah nabi Muhammad yang hijrah dari Kota Makkah ke Kota Madinah dengan arti 'hijrah' ialah berbenah diri meninggalkan sifat buruk dan mengerjakan perbuatan baik sesuai tuntunan dan ajaran Allah SWT.


Lebih lanjut Pj. Bupati berpesan kepada para generasi milenial, yang saat ini beranjak dewasa, untuk tetap berpegang teguh atas pelestarian budaya melemang ini, menurutnya ada keunikan tersendiri seperti keterkaitan antara sejarah lemang Desa Muara Lawai dan Desa Tanjung Enim. Untuk itu Pemkab. Muara Enim akan mendukung penuh atas pelestarian budaya melemang ini, dirinya berharap agar pelestarian budaya melemang ini dapat terus terjaga dan dapat menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Desa Muara Lawai.(KLT)

No comments

Powered by Blogger.