Turunkan Angka kemiskinan, Pj. Bupati Siap Sukseskan Program Sumsel Mandiri Pangan


Muara Enim, SS
-  Sebagai salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan bagi seluruh masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan, salah satunya melalui program Gubernur Sumatera Selatan yakni Sumsel Mandiri Pangan, Kamis pagi (02/12) Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M. mengikuti secara virtual Peluncuran Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dari Kantor Desa Lambur, Kecamatan Panang Enim. 


Peluncuran Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, yang digelar di Kabupaten Lahat tersebut juga diikuti oleh bupati/walikota se-Sumatera Selatan secara virtual.


Diakhir acara peluncuran tersebut, Pj. Bupati yang didampingi Pj. Sekretaris Daerah Drs. Emran Tabrani, M.Si., menyampaikan bahwa Kab. Muara Enim siap mendukung penuh Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang telah diluncurkan oleh Bapak Gubernur, hal tersebut didasari bahwa Kab. Muara Enim merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan. Pj. Bupati tegaskan bahwa mengatasi kemiskinan tidak cukup hanya peran dari pemerintah daerah saja, tetapi harus ada kerja sama dan peran serta dari semua pemangku kepentingan, untuk itu dirinya mengharapkan adanya peran dari perusahaan, BUMN, BUMD, BUMS serta pihak perbankan.


Lebih lanjut, Pj. Bupati Muara Enim menjelaskan bahwa selain  mengentaskan kemiskinan, Gerakan Sumsel mandiri pangan tentunya banyak membawa manfaat, salah satunya menambah pendapatan Rumah Tangga Miskin (RTM) melalui bantuan benih/bibit sayuran dan buah-buahan, ternak ayam dan ikan lele yang sebelumnya telah diserahkan oleh Pj. Bupati kepada masyarakat. 


Selanjutnya para Rumah Tangga Miskin (RTM) dapat mengelola bantuan tersebut sebagai bahan pangan keluarga untuk menciptakan kemandirian pangan. Dapat memungkinkan terjadinya kerjasama antara Rumah Tangga Miskin (RTM) dalam menjual/barter bahan pangan sehingga diharapkan setelah menerima bantuan akan terlepas dari garis kemiskinan.


Saat di wawancara kades  Lambur kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim,  Yusmar Mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit tanaman dan bibit ikan buat warga desa kami  yang ingin menambah pendapatan Rumah Tangga. "Agar dalam Peluncuran Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini dapat bermanfaat bagi  masyarakat kita yang dapat mengelola bantuan program  tersebut sebagai bahan pangan keluarga untuk menciptakan kemandirian pangan dan mengurangi angka ke miskin di desa kita" ungkapnya. (KLT)

No comments

Powered by Blogger.