Ini Kata Presiden RI Soal Covid - 19 dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia


LAHAT, SS -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, di Pulau Sumatera dan pulau lainnya mulai ada kenaikan kasus Covid-19. Tercatat, terdapat 15 provinsi yang kasusnya mengalami peningkatan. 

Untuk perkembangan kasus mingguan kata Jokowi, di Pulau Sumatera seperti di Aceh, Sumut, Sumbar, Babel, Jambi, Sumsel, dan Lampung, masih terbilang tinggi tapi ada penurunan. Dan hanya mengalami trend penurunan sehingga dapat cap ‘hijau’ namun bukan zona hijau.

“Hati-hati karena gelombang kedua dan ketiga sangat berbahaya, seperti halnya di negara-negara tetangga kita yang lockdown hingga Juni,”tuturnya.

Dijelaskan Jokowi, terdapat 33 persen (yang mudik). Kemudian setelah adanya pelarangan sehingga turun jadi 17 persen dan terus turun saat ada penyekatan sekitar 1,1 persen.

"Namun, saya melihat masih banyak yang datang ke tempat wisata. Saya harapkan, kasus aktif bisa turun lagi, dimana pada Bulan Februari sebagai puncaknya jumlah kasus sebanyak 176 ribu, tapi kini turun menjadi 90-an ribu. Ini yang terus kita tekan, sehingga sangat membutuhkan konsistensi," jelas Jokowi yang disampaikannya secara virtual dari Istana Negara kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se - Indonesia, (17/05/21).

Bukan hanya persoalan kasus Covid-19, presiden juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal pertama 2020 yakni 2,97%. Kemudian di kuartal kedua, turun menjadi minus 5%. Untuk kuartal pertama 2021, masih minus 0,74%, sedangkan target kuartal kedua sekitar diatas 7%.

“Seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota memiliki tanggungjawab yang sama dalam kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Saya meyakini target itu bisa tercapai. Yang terpenting, tetap harus hati-hati sehingga penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi bisa seiring sejalan,” harapnya.

Hadir dalam kesempatan mendengarkan langsung paparan Presiden RI di ruangan Off Roon Pemkab Lahat tersebut ialah Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE.MM bersama Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi, ST, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien SE M.Si , Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah.SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Jimmy Maruli, SH,MH, 

Nampak hadir juga, Assisten III Raswan Ansori, SE, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat  Drs H Deswan Irsyad MPdi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq M. Putra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lahat Rudi Darma Setiawan, SE., MSI, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Lahat  Fauzan Khoiri Denin AP MM., Kepala Kesbangpol Kabupaten Lahat Surya Desman SIP MM. (Fry)

No comments

Powered by Blogger.