PTBA Serahkan Rumah Baru Bagi Warga yang Terkena Relokasi


MUARA ENIM, SS - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang bergerak di bidang batu bara yang merupakan perusahaan BUMN termuka di Indonesia kembali menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang memiliki misi Peduli dan Membangun Rakyat.

PTBA adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang eksploitasi yang sudah ratusan tahun menambang dan berkantor pusat di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.


Selain itu, PTBA juga merupakan patnership pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim di bidang pembangunan melalui Corporate Social Respinsibity (CSR) PT. Bukit Asam Tbk, baik di bidang pendidikan, sosial, agama, olahraga, ekonomi, maupun infrastruktur dan lain sebagainya.



Dalam perjalanan perusahaan yang berkembang bersama lingkungan, tak henti-hentinya untuk membantu masyarakat, termasuk membangun rumah bagi masyarakat yang akan direlokasi PT. Bukit Asam Tbk, yang akan digunakan untuk penghijauan daerah aliran Sungai Enim.

Saat kedatangan rombongan dari Muara Enim, mereka disambut oleh Srikandi Anggota Reog Ponorogo Talang Jawa Tanjung Enim dengan memberikan sekapur sirih, merupakan tradisi Sumatera Selatan, jika kadatangan tamu, atau pejabat penting.

Hadir dalam acara tersebut, Dirut PTBA, Direksi SDM dan Operasional Duhedi, PLH. Bupati Muara Enim DR H Nasrun Umar SH MH, Ketua DPRD Kabupten Muara Enim Liono Basuki BSc, Kapolres Muara Enim AKBP. Danny Sianipar SIK MSi, Dandim 404 Garuda Dempo diwakili oleh Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapt. Fiber, Pj. Sekda Muara Enim Drs Emran Thabrani MSi, GM UPTE, Suhedi, Humas PTBA Iko Gusman serta Bagian Pertanahan dan Aset Ichsan.


Tampak hadir juga dalam kesempatan itu, Camat Lawang Kidul Andrille Martin SE, Kapolsek Lawang Kidul IPTU Desi Azhari, Danra serta Lurah Pasar Tanjung Enim Najibburahman SE MSi, UPTD Perhubungan Adil Makmur, Kepala Desa Lingga Hisrikoh dan tokoh pemuda serta tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Dirut PT. Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto menyampaikan, bahwa lokasi perumahan daerah ini akan direklamasi untuk penghijauan disepanjang aluran Sungai Enim.


Kepada penerima rumah ini, diharapkan dapat memberikan kehidupan yang baru, rumah baru dan harapan baru sehingga nantinya.


"Rumah yang akan diserahkan kepada masyarakat Bedeng Obak, Eks Dok Mutik dan Karang Tina sebanyak 276 unit rumah layak huni oleh Dirut PT. Bukit Asam Tbk, di perumahan Bara Lestari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul", ucapnya.


Ditambahkannya, bagi yang direlokasi akan diberikan uang kerohiman sebesar Rp. 500.000,- dan transportasi untuk angkutan barang dari Bedeng Obak ke Bara Lestari Desa Keban Agung, juga rumah tersebut akan diserahkan sertifikat.


Lanjutnya, PT. BA akan tetap berkomitmen  dengan adanya kegiatan yang dilakukan sekarang ini, selaras dengan motto "perusahaan berkembang bersama lingkungan, saat ini sudah dibangun pendidikan Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah menengah Tingkat Pertama (SMP) Bukit Asam untuk masyarakat umum", pungkasnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, BSc, memberikan apreasi terhadap PT. Bukit Asam Tbk yang telah merelokasi rumah warga di Bedeng Obak, Eks Dok Mutik serta Karang Tina ke Bara Lesatari Desa Keban Agung.


"Saya berharap agar perusahaan tetap memperhatikan kehidupan masyarakat yang dipindahkan tersebut, sehingga mereka puas dengan kegiatan ini. Masyarakat yang dipindahkan harus bersyukur dengan adanya bantuan PT. BA yang sudah membangun rumah layak huni", ungkapnya.


Dijelaskannya, tanah didaerah Bara Lestari masih ada yang masuk HGU, agar PT. BA dapat menyelesaikan permasalahan ini, karena di Bara Lestari 2 sudah disertifikatkan, dan status hukumnya harus jelas, sesuai dengan pidato Bapak Presiden, sehingga  mereka mendapatkan sertifikat seluruhnya.


"Diharapkan masyarakatnya lebih maju lagi, pada umumnya masyarakat Kabupaten Muara Enim lebih sejahtera, khususnya masyarakat Lawang Kidul, juga UMKM perlu diperhatikan lagi, juga pendidikannya dapat ditingkatkan lagi. ungkapnya.


PLH. Bupati Muara Enim, DR. H. Nasrun Umar, SH, MH menyampaikan, PT. Bukit Asam Tbk agar tetap berkomitmen terhadap lingkungan yang terdampak akibat dari kegiatan eksploitasi didaerah lingkungan perusahaan ini.


"Pemerintah Kabupaten Muara Enim, sangat bangga dengan keberadaan PT. Bukit Asam Tbk, karena dapat membantu pembangunan di Muara Enim, jika hanya berharap dengan APBD Kabupaten Muara Enim, yang hanya 2,7 Triliyun, rasanya tidak akan terkaper semuanya, dengan keberadaan PT. Bukit Asam Tbk, pembangunan di Muara Enim dapat terbantu untuk mengatasi", tuturnya.


Lanjutnya, pemindahan perumahan masyarakat di Bedeng Obak, eks Dok Mutik dan Karang Tina untuk direlokasi ke Bara Lestari Desa Keban Agung yang layak huni, ini merupakan bantuan PT. Bukit Asam Tbk, sehingga masyarakatnya lebih nyaman, dan sejahtera dengan rumah baru harapan baru yang diberikan oleh perusahaan beserta sertifikat kepemilikan.


"Mengingat pula di Sumatera Selatan ini pandemi Covid-19 masih cukup tinggi, diharapkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan  (5 M), agar virus corona ini cepat berakhir, sehingga kita semua lebih nyaman dan leluasa untuk beraktivitas sehari-hari, jika virus corona sudah tidak ada lagi", tegasnya.


Diakhir sambutan HNU, mengucapkan terima kasih atas  segala bantuan yang memberikan rumah layak huni untuk masyarakat Muara Enim, khususnya warga Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul, semoga PT. Bukit Asam Tbk dimasa mendatang akan tetap jaya dan sukses, pungkasnya.


Kemudian diserahkan secara simbolis kunci rumah untuk 5 orang penerima bantuan rumah layak huni oleh PLH. Bupati Muara Enim, Dirut PT. Bukit Asam Tbk, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Dandim 404 Garuda Dempo Muara Enim.(KLT)

No comments

Powered by Blogger.